Memotivasi dan Menginspirasi

Wednesday 29 May 2019

Hal hal yang menyenangkan ketika kuliah di akper


Mungkin bagi sebagian orang yang masih bingung untuk kuliah diakper, atau malah tidak tahun akper itu apa dan kuliahnya gimana dan lulusnya jadi apa. Emang ada yang gitu? Ada kok, pada tulisan saya sebelumnya tentang alasan alasan masuk akper (ditulisan itu saya melalukan sensus untuk mengetahui alasan mahasiswa masuk akper itu apa saja, dan diantara jawaban jawaban sensus itu ada juga yang menjawab aneh, contohnya masuk akper untuk jadi dokter.

Agar jawaban itu tidak terulang, maka pada tulisan kali ini sedikit saya bahas tentang gambaran kuliah di akper dan hal hal yang menyenangkan ketika kuliah diakper, walaupun yang tidak menyenangkannya juga ada sih, hehe

Saya mulai dari kepanjangan dari Akper dulu ya, mana tau nanti ada yang jawab akper adalah singkatan dari Akademi Perternakan, namun akper singkatan dari Akademi Keperawatan. Akper adalah kuliah keperawatan , jadi kuliah di akper itu kuliah untuk jadi perawat, bukan untuk jadi yang lain lain ya.

Kuliah di akper itu enak ngak sih, asyik ngak sih? Ada beberapa hal yang menyenangkan kalau kita kuliah diakper, tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sewaktu kuliah di akper dulu, tepatnya di Akper Setih Setio Muara Bungo, Jambi.

Mungkin akan sedikit berbeda dengan teman teman yang lain, namun pada umumnya saya simpulkan ini adalah hal yang umum yang menyenangkan ketika kuliah diakper.

1. Lebih banyak praktek daripada teori
Belajar teori sangat membosankan bagi saya, apalagi dengan metode tradisional, dosen mengajar dikelas hanya bermodalkan slide power poin yang ngak ada poinnya sama sekali, kelihatan sekali hanya copy paste, comot dari tulisan tulisan, atau bahkan copy file powerpoin orang lain atau digoogle. Trus mengajar dengan full membaca slide dengan sedikit sekali interaksi dengan mahasiswanya. Tunjuk tangan siapa yang bosan dengan metode mengajar seperti ini? Saya yang paling pertama tunjuk tangan, terus terang saya tidak suka metode belajar seperti ini.

Nah kalau kuliah diakper kita sangat jarang belajar teori, hanya sedikit kok teorinya, banyak prakteknya kok, ada praktek laboratorium sampai prakte klinik dirumah sakit atau dipuskesmas. Bagi yang senang praktek ini tentu hal yang menyenangkan bukan.

2. Praktek klinik dirumah sakit
Tadi sudah saya sebutkan kalau kuliah di akper itu banyak prakteknya, salah satunya praktek di rumah sakit. Ketika saya pertama kala praktek dirumah sakit, saya cukup exited sih, soalnya selama ini saya kerumah sakit hanya menjenguk orang sakit sih, nah kali ini saya yang jadi petugasnya. Deg degan sih, tapi asyik kok, saya berasa jadi orang yang sangat dibutuhkan bagi pasien, senang aja rasanya, apalagi waktu dinas malam, tidur dirumah sakit jadi hal baru yang sangat menyenangkan bagi saya.

3. Praktek komunitas dimagasyarakat
Selain praktek dirumah sakit, ada juga praktek komunitas di masyarakat, ini juga hal yang menyenangkan sih, praktek komunitas itu kami terdiri dari 20 orang nginep di desa yang jauh dari kota, tinggal dirumah warga yang kosong, tidur rame rame sama temen, makanpun masak rame banyak dimakan rame rame. Belum lagi turun lapangan ke masyarakat, dimana masyarakatnya menyambut baik, semua yang kita lakukan untuk masyarakat mereka sangat senang, hal kecil saja mereka sudah sangat senang , mengukur tekanan darah contohnya.

4. Pakai seragam, asyik juga
Kalau kuliah di akper itu kita harus pakai seragam, baik itu ketika belajar dikelas ataupun ketika praktek, saya dulu seragamnya putih putih, namun itu tergantung kampusnya sih jenis seragamnya kayak apa, ada juga yang seragamnya berwarna selain putih. Memakai seragam bagi saya hal yang bagus, soalnya dengan berseragam saya tidak perlu beli baju bebas lagi untuk kulih, kalau baju bebaskan harus beragam biar ngak dibilang baju itu itu aja sama teman. Beda kalau pakai seragam, tiap hari pakaiannya itu itu aja gak masalah, kan emang itu seragamnya. hehe

5. Belajar tentang merawat manusia secara holistik
Kuliah diakper mengajarkan saya hal yang sangat berharga, apa itu? Saya belajar tentang manusia, baik itu sehat maupun sakit, saya memperlajari kalau manusia itu punya kebutuhan, mulai dari kenbutuhan dasar seperti kebutuhan udara, makanan, cairan, kebutuhan psikologis, seksual, sampai kenbutuhan untuk diakui oleh orang lain.

Setelah belajar itu saya jadi mengerti dan membuat saya semakin care terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Demikianlah sedikit tulisan saya tentang hal hal yang menyenangkan ketika kuliah di akper. Semoga kalian tidak bingung kuliah diakper itu gimana dan asyik ngak sih kuliah diakper.

Terima Kasih

DUKUNG TERUS BLOG INI DENGAN SHARE KE MEDIA SOSIAL, DAN FOLLOW BLOG INI, CARA NYA TEKAN TOMBOL FOLLOW/IKUTI PADA POJOK KIRI BAWAH BLOG INI. TERIMA KASIH
Share:

2 comments:

Recent Posts

Followers