Memotivasi dan Menginspirasi

Thursday 30 May 2019

Kuliah di Akper, Ini Deretan Profesi Yang Bisa Dijalani Setelah Lulus


Halo semua,
Pada tulisan saya sebelumnya saya menulis tentang bagaimana kuliah diakper dan hal hak yang menyenangkan ketika kuliah diakper berdasarkan pengalaman saya ketika kuliah di akper setih setio muara bungo, jambi.

Saya membuat tulisan ini, dan mungkin akan ada lagi beberapa tulisan kedepan tentang akper dan perawat, tempat saya kuliah dulu dan profesi yang saya jalani sekarang, disamping profesi lain yang juga saya jalani.

Saya membuat tulisan tulisan itu murni dari pemikiran dan pengalaman saya sendiri, tanpa dorongan ataupun permintaan dari pihak dan instansi manapun. Kalian tahu di blog saya ini adalah tempat saya menuangkan semua fikiran saya dalam bentuk tulisan. Kadang saya kritik sesuatu, kadang saya apresiasi, kadang saya kasih motivasi, pengalaman saya, kadang saya kasih humor juga biar ngak pada tegang wajah yanh baca, hehe.

Baik, kita kembali ketema ya. Mungkin bagi sebagian orang yang ingin masuk akper masih timbul pertanyaan begini, kalau kuliah akper tamatnya kerja apa? Jawaban simpelnya tentu jadi perawat lah, namun perawat dimana? Paling simple tentu dirumah sakit atau dipuskesmas. Namun apakah perawat hanya dirumah sakit yang bekerja tradisional seperti datang, merawat pasien, trus pulang. Apakah cuma itu saja? Tentu tidak, perawat banyak sekali pengembangannya, baik dari sisi ilmunya maupun dari sisi profesinya.

Hayo siapa yang belum baca undang-undang keperawatan? Seharusnya semua perawat mulai dari mahasiswa sampai perawat profesionalpun wajib baca ya undang-undangnya. Asuhan keperawatan kan orientasinya pada pemenuhan kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia itu apa saja? Sudah saya singgung pada tulisan saya sebelumnya ya. Nah disinilah kita bisa mengembangkan profesi kita ini, dari sisi pemenuhan kebutuhan manusianya.

Baiklah saya tidak akan menjelaskannya panjang lebar di tulisan ini, mungkin akan saya jelaskan pada tulisan saya berikutnya yang khusus membahas tentang ini. Di tulisan sekarang saya berfokus pada profesi profesi yang bisa dijalani ketika lulus dari akper.

Berikut daftarnya :

1. Perawat di Rumah sakit
Perawat rumah sakit ini yang paling umum ya, malah dirumah sakit profesi yang paling banyak adalah perawat ya, bayangin ya kalau ngak ada perawat dirumah sakit, apa bisa jalan tuh rumah sakitnya? Rumah sakit ada yang milik pemerintah dan ada yang swasta. Dirumah sakit pemerintah anda bisa daftar jadi PNS, kalau ngak lulus jadi honores juga bisa tentu dengan gaji yang lebih rendah. Kalau di rumah sakit swasta anda bisa dapat gaji dengan sistem UMR ya, tergantung daerahnya UMR nya berapa, bisa berbeda-beda setiap daerah, gaji UMR biasanya lebih tinggi dibandingkan gaji honorer ya. Namun yang perlu dicatat bahwa rumah sakit swasta ini memang harus perusahaan ya biar dapat gaji UMR, bukan milik swasta pribadi, kalau swasta pribadi gajinya tergantung pemilik jelas lebih rendah dari UMR.

2. Perawat di Puskesmas
Perawat dipuskesmas juga umum ya, sama seperti rumah sakit, anda bisa daftar jadi PNS,  dipuskesmas kerjanya sedikit berbeda dibandingkan di rumah sakit, seperti yang saya jalani kerjaan saya dipuskesmas lebih sering turun kemasyarakat dalam melakukan promotif dan preventif pada masayarakat.

3. Karyawan BPJS
Jadi karyawan BPJS juga bagus ya, karena BPJS adalah perusahaan BUMN, maka sudah pasti anda akan digaji sesuai UMR, dan BPJS menerima karyawan dari profesi kesehatan, termasuk perawat

4. Konsultan kesehatan di perusahaan
Kalau konsultan keuangan atau konsultan politik sudah sering dengan ya, namun ada juga konsultan kesehatan, tugasnya  ya menerima konsultasi tentang kesehatan di sebuah perusahaan, anda bisa daftar diperusahaan yang membuka lowongan konsultan kesehatan, gajinya tentu UMR ya.

5. Perawat di klinik perusahaan
Diperusahaan selain ada konsultan kesehatan, biasanya perusahaan yang bergerak dibidang minyak bumi dan batubara akan melakukan eksplorasi ke daerah daerah tertentu untuk mencari sumber minyak atau batubara dalam, disana pasti harus ada klinik kesehatan, nah perawat dibutuhkan uh disana.

6. Wirausahan praktek keperawatan mandiri
Berpedoman pada undang undang kepewatan, hayo nomor berapa tahun berapa? Bahwa perawat bisa secara legal melakukan praktek mandiri, seperti apa prakteknya, ya berupa asuhan keperawatan ya, mulai dari pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi sampai evaluasi, ingat fokusnya pada pemenuhan kebutuhan manusia ya biar tidak berbenturan dengan profesi lain.

7. Jadi TKHI (pendamping haji)
Kita tau kan kalau naik haji itu biayanya tidak sedikit dan harus antri berpuluh puluh tahun. tapi dengan jadi petugas kesehatan haji yang bertugas sebagai pendamping kesehatan jamaah haji indonesia. Anda harus ikut seleksi untuk bisa jadi TKHI ya.

8. Jadi Relawan PMI
Jadi perawat juga harus ada jiwa sosial ya, nah anda bisa salurkan lewat PMI (Palang Merah Indonesia), kerja di PMI bukan berti ngak ada gaji ya, tentu ada gajinya lah ya.

9. Kerja di dinas kesehatan
Disini anda juga bisa daftar jadi PNS ataupun honorer ya.

10. Perawat di Luar Negeri
Jadi perawat tidak hanya di Indonesia Loh, anda bisa cari info di kemenkes atau di kemenakertrans, yang paling banyak sih jadi perawat lansia di jepang, lebih mudah masuknya kerena Indonesia sudah ada MOU dengan jepang soal perawat lansia ini.

Nah, itu dia tadi deretan pekerjaan yang bisa anda tekuni setelah lulus akper. Lumayan banyak ya, daftar yang saya buat itu khusus yang persyaratannya minimal DIII keperawatan ya, yang S1 dan seterusnya masih banyak lagi.

Atau mungkin teman teman ada lagi yang tau profesi yang lainnya bisa di share di komen dibawah ya.

DUKUNG TERUS BLOG INI DENGAN SHARE KE MEDIA SOSIAL, DAN FOLLOW BLOG INI, CARA NYA TEKAN TOMBOL FOLLOW/IKUTI PADA POJOK KIRI BAWAH BLOG INI. TERIMA KASIH
Share:

4 comments:

  1. Replies
    1. Wah kalau itu belum tau saya, nanti saya teruskan di pihak kampus akper setih setio muara bungo

      Delete
  2. wah rejeki ga ada yg tau mas terkadang... kita mah cma bsa coba coba dan usaha aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. jnagan coba coba mas, emang harus ditekuni, hehe

      Delete

Recent Posts

Followers