Memotivasi dan Menginspirasi

Sunday 26 May 2019

Bahagia itu sederhana kok, bersyukur adalah kunci bahagia


Semua orang didunia ini pasti ingin sekali hidup bahagia, siapa yang tidak mau punya rumah mewah, mobil mewah, punya bisnis besar, punya aset berlimpah. Tapi apakah benar kalau bahagia itu hanya bisa diraih dengan kemewahan dan gemerlap harta? Kalau memang benar maka hanya sedikit orang yang bisa merasakan indahnya kebahagiaan.

Untungnya kebahagiaan itu tidak hanya dari sisi kemewahan saja, tapi memang benar itu bisa bikin orang bahagia, namun tidak mutlak sifatnya. Terkadang kemewahan bisa membuat orang bahagia, tapi tak jarang bisa juga membuat orang gelisah dan tidak bisa mengundang kebahagiaan. 

Harta berlimpah namun tidur tidak tenang karena was was akan kehilangan hartanya, khawatir ditangkap KPK karena hartanya dari hasil korupsi, was was kalau suatu hari bisnisnya bankrut. Betapa banyak orang kaya yang dibikin susah oleh anaknya yang terjerat narkoba, dan kenakalan remaja. 

Kesederhaan tidak selalu hidup apa adanya dan serba pas pasan, namun tidak sedikit orang yang merasa bahagia hanya dengan kesederhaan yang mereka dapat. Betapa banyak orang yang makan dengan lahapnya di warung tegal. Betapa banyak orang yang gembira walau hanya dengan keliling keliling pakai motor butut. Ketika kita kecil kita hanya bermain permainan tradisional, main sepakbola, main lumpur disawah, tapi perasaan kita sangat bahagia. Banyak sekali contoh contoh kebahagiaan yang diperoleh dengan cara cara yang sederhana.

Lalu apa sih hakekat sebenarnya dari kebahagiaan? Kemewahan atau kesederhanaan? Sebenarnya kebahagiaan itu bisa didapat dalam kondisi apapun, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Tergantung bagaimana kita apakah bersyukur atau mengeluh. Menerima atau menolak.

Orang yang ditakdirkan Allah untuk punya harta yang banyak dari hasil usaha yang baik pula, jika ia bersyukur dan berbagi dengan orang lain yang membutuhkan, maka akan ditambah kenikmatannya oleh Allah. 

Orang yang ditakdirkan Allah hanya hidup dengan sederhana dan pas pasan, jika ia bersyukur dan sabar dalam menjalaninya, Allah akan menambah nikmatnya dan menaikkan derajatnya.

Jadi sikapilah kemewahan dan kesederhaan itu dengan rasa syukur akan nikmatNya.


Share:

1 comment:

Recent Posts

Followers